Saturday, February 19, 2011

Tertangkapnya Davis Ungkap "Istirahatnya" Drone Pakistan

ISLAMABAD (Berita SuaraMedia) - Pada awalnya, militan Taliban dan warga sipil lokal di tanah tandus Waziristan suku di sepanjang perbatasan Afghanistan Pakistan berpikir bahwa cuaca buruk bertanggung jawab atas tidur panjang serangan pesawat Predator. "Untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan kami belum mendengar apapun di atas kepala selama berminggu-minggu," kata seorang dokter di kota Mir Ali, mengacu pada suara khas yang dibuat turbo-prop UAV  ketika berputar di atas. "Kami pikir alasannya adalah karena langit mendung."



Namun serangan rudal pesawat tak berawak yang ditembakkan terhadap sasaran militan kini telah hiatus selama hampir sebulan-dan militan maupun penduduk setempat semakin yakin bahwa itu  terkait dengan kebuntuan diplomatik yang sedang tegang antara Pakistan dan AS atas agen keamanan Amerika Raymond Davis.Pada tanggal 27 Januari Davis-mantan tentara Pasukan Khusus, sekarang digambarkan oleh AS sebagai anggota kedutaan Islamabad itu "staf administratif dan teknis telah ditahan oleh polisi Pakistan setelah ia menembak dua calon perampok dengan pistol Glock semi-otomatisnya di Lahore.
Serangan drone berhenti sekitar waktu yang sama seperti waktu penangkapan. Merasakan hubungan yang terjadi, militan bersukacita atas penahanan Davis: "Penangkapan orang ini adalah hal yang sangat positif bagi kami," kata Mullah Jihad Yar, seorang komandan Taliban Pakistan di daerah tersebut. "Pasukan kami terbiasa mendapatkan  serangan setiap hari. Sekarang kita bisa bergerak lebih leluasa."
Ada jeda dalam serangan Predator sebelumnya, dua terjadi pada tahun 2009 dan dua pada tahun 2010 (dari 19 dan 15 hari lamanya). Dalam kasus-kasus tersebut, cuaca buruk memang dianggap sebagai penyebabnya. Tapi kali ini, warga Waziri tampaknya telah menebak dengan benar. Newsweek telah mengkonfirmasi bahwa itu tidak kebetulan serangan berakhir tiba-tiba dengan penangkapan Davis.
Seorang pejabat senior Pakistan telah mengkonfirmasi bahwa kasus Davis secara langsung terhubung ke pembekuan serangan, dan mengatakan bahwa Washington takut sentimen anti-Amerika lebih lanjut meradang di Pakistan setelah penembakan. AS menegaskan bahwa Davis menembak untuk membela diri dan bahwa ia mendapatkan kekebalan diplomatik penuh. Pejabat  Kedutaan Besar mendesak agar ia segera dibebaskan ke dalam tahanan Amerika.
Polisi Pakistan, sementara itu, sedang mempertimbangkan kemungkinan tuduhan pembunuhan. Minggu ini, pengadilan Lahore memberi presiden Pakistan Asif Ali Zardari tiga minggu lagi untuk memutuskan apakah Davis, yang masih di penjara memang berhak atas perlindungan diplomatik penuh atau tidak.
Kasus ini tidak bisa lebih sensitif lagi secara politis bagi Zardari dan pemerintahannya, yang telah menjadi sekutu setia Amerika Serikat dalam perang melawan ekstremisme. Kebanyakan warga Pakistan marah oleh pembunuhan tersebut dan melihat Davis dan tindakannya, seperti mereka melihat serangan pesawat tak berawak, sebagai simbol terang-terangan kesombongan AS dan bagaimana mereka mengabaikan undang-undang dan kedaulatan Pakistan.
Baik pejabat Amerika dan Pakistan takut bahwa sementara kasus ini dinegosiasikan di belakang layar, setiap serangan udara lebih lanjut bisa memicu protes jalanan yang akan mendestabilisasi keadaan.
"Sembilan puluh sembilan persen warga Pakistan yakin dia pembunuh," kata seorang pejabat intelijen Pakistan yang menolak disebutkan namanya, karena ia tidak berwenang berbicara kepada pers. "Jadi kami menyampaikan pesan ke Amerika Serikat untuk menghentikan serangan, agar tidak membuat situasi yang buruk menjadi lebih buruk."
Banyak orang Pakistan juga mempertanyakan mengapa Davis, yang mengenakan celana jins dan kemeja kotak-kotak pada malam penangkapan itu, mengemudi melalui Lahore dengan pistol yang ada isinya, ekstra peluru dan amunisi, perangkat GPS, ponsel dan beberapa teleskop. Pemerintah AS juga memiliki pertanyaan sendiri tentang apa yang Davis dan warga Amerika bayangan lain lakukan di Pakistan.
Menurut pejabat senior Pakistan, pemerintah AS hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang apa yang dilakukan Davis dan kontraktor keamanan dan agen intelijen lainnya sebenarnya di sana. Akibatnya, kegiatan CIA di Pakistan kurang lebih untuk sementara ditutup, menurut pejabat, sementara pemeriksaan terhadap kegiatan badan tersebut dilakukan.
Selama tahun lalu, Presiden AS Barack Obama secara dramatis meningkatkan serangan drone, lebih dari dua kali lipat dari serangan mereka di dalam wilayah suku Pakistan tahun 2009 yang berjumlah 45 hingga ke sekitar 118 tahun lalu. Dalam tiga minggu pertama tahun 2011, CIA menerbangkan sembilan misi serangan pesawat tak berawak, dengan tiga serangan yang hampir simultan terhadap sasaran di Warizistan pada 22 Januari di mana sedikitnya 13 tersangka anggota Taliban tewas.
Tetapi sampai kasus Davis diselesaikan, yang bisa memakan waktu satu bulan atau lebih, Taliban dan al Qaeda mungkin memiliki keuntungan tak terduga dan tidak perlu khawatir kematian mendadak yang menghujani mereka dari langit. (iw/db) www.suaramedia.com






No comments:

Post a Comment