Saturday, July 30, 2011

IQ Pengguna Internet Explorer Lebih Rendah?

detail berita

TORONTO - Berdasarkan riset sebuah konsultan psikometri Kanada, AptiQuant, pengguna browser Internet Explorer (IE) ternyata memiliki tingkat kecerdasan (IQ) lebih rendah. Wah...?

AptiQuant menawarkan tes IQ online secara cuma-cuma kepada 100 ribu pengguna internet untuk kemudian membandingkan rata-rata skor IQ mereka menurut browser yang digunakan.

Hasil tes itu ternyata menunjukkan bahwa pengguna IE, baik itu versi 6, 7, 8 ataupun 9 memiliki skor IQ lebih rendah dari rata-rata pengguna browser lainnya. Lucunya, pengguna IE versi 9 ternyata memiliki skor IQ lebih rendah dibandingkan pengguna IE versi 8, demikian seperti lansiran TG Daily, Sabtu (30/7/2011).

Pengguna Google Chrome, Firefox dan Safari diklaim memiliki skor IQ lebih tinggi dari rata-rata. Sementara pengguna Camino, Opera dan IE dengan Chrome Frame bahkan memiliki IQ yang jauh lebih tinggi.

Hasil studi ini bisa jadi terkait dengan kemampuan IE yang kurang memenuhi standar web saat ini sehingga kerap menghadapi masalah saat membuka situs yang sebenarnya berfungsi dengan baik di browser lain. Akibatnya, hanya pengguna dengan kompetensi teknik lebih rendah, yang disinyalir juga memiliki tingkat kecerdasan lebih rendah, yang masih mau bersabar menggunakan IE.

Kendati masih mendominasi pasar, IE secara perlahan mulai kehilangan market share nya dari browser open source seperti Firefox dan Chrome.

"Laporan terakhir tentang tingkat kecerdasan pengguna IE agaknya akan memicu kehebohan," jelas pihak AptiQuant.

"Mengacu pada hasil studi ini, perusahaan IT di seluruh dunia bisa jadi akan mulai mempertimbangkan kembali waktu dan investasi yang mereka habiskan untul mendukung browser lama," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment