Sunday, July 31, 2011

Ini Alasan Kemenag Putuskan Puasa Digelar Besok

detail berita
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementrian Agama telah memutuskan puasa 1432 Hijriah jatuh pada 1 Agustus 2011 atau esok hari. Apa yang menjadi pertimbangan dalam sidang Isbat?




Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, H Ahmad Jauhari mengatakan perwakilan Badan Hisab dan Rukiyat (BHR) Kementerian Agama telah melihat hilal atau bulan baru di tiga tempat.

“Tiga lokasi tersebut yaitu Mal GTC, Makasar; Bukit Condrobogo, Gresik, Jawa Timur; dan Bangkalan, Madura," kata Ahmad saat membacakan Surat Keputusan penetapan Ramadan di sidang Isbat, Minggu (31/7/2011).

Mendengar hal tersebut dua organisasi Islam di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, sepakat agar puasa mulai dilaksanakan pada Senin besok.

“Kami kira semua syarat sudah terpenuhi (penetapan Ramadan) dan masyarakat juga sudah menunggu keputusan kita, maka tidak ada salahnya segera ditetapkan sebagai 1 Ramadan 1432 H. Saya ucapakan selamat kepada umat Islam menunuaikan puasa,” kata Ketua PP Muhammadiyah Abdul Fatah Wibisono diiringi tepuk tangan peserta sidang isbat.okezone

No comments:

Post a Comment