Thursday, August 4, 2011

Survei Tentang IQ Pengguna IE Hoax!

detail berita

CALIFORNIA - Pengguna Internet Explorer (IE) kini bisa bernapas lega. Pasalnya, survei yang mengungkapkan bahwa pengguna IE memiliki tingkat kecerdasan lebih rendah dibandingkan pengguna browser lainnya ternyata tidak benar.

Berdasarkan studi yang dilakukan konsultan psikometri AptiQuant, IQ pengguna IE rupanya lebih rendah dibandingkan pengguna browser lain seperti Google Chrome, Safari ataupun Opera. Menurut studi itu, pengguna Opera disebut-sebut memiliki tingkat kecerdasan tertinggi.

Hasil ini rupanya menarik perhatian media Inggris BBC yang mengklaim banyak hal meragukan dari studi tersebut, demikian dilansir Cnet, Kamis (4/8/2011). Setelah ditelusuri, AptiQuant ternyata baru mendaftarkan situsnya satu bulan lalu. Sedangkan foto-foto karyawan yang diposting di situs tersebut adalah staf sebuah perusahaan di Prancis bernama Central Test.

Menanggapi keterkaitan itu, Central Test menyangkal adanya hubungan antara perusahaan itu dengan AptiQuant. "Central Test menyadari adanya pemalsuan identitas dari perusahaan Kanada AptiQuant, dan kami menyangkal hubungan apapun, baik langsung maupun tidak, dengan perusahaan tersebut," tegas Central Test melalui keterangan resminya.

Tidak lama kemudian, sang penulis studi palsu akhirnya mengakui perbuatannya. Penulis itu bernama Tarandeep Singh Gill yang berdomisili di Kanada. Kepada ReadWriteWeb Gill mengaku sebagai pendiri AtCheap.com dan sengaja menulis studi palsu itu untuk menyerang IE6.

"Ketika saya tengah mengerjakan situs terbaru saya, kompatibilitas IE6 sangat menyebalkan. Jadi saya berpikir untuk menulisnya, dengan harapan bisa ‘memukul’ beberapa orang dari IE6," jelasnya.roiddin.blogspot.com

No comments:

Post a Comment